Kamis, 06 Mei 2010

iHOSPITAL

BAB I

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan teknologi yang sangat cepat, telah membawa kita untuk hidup berdampingan dengan informasi dan teknologi itu sendiri. Sekarang ini banyak orang telah meninggalkan proses penelusuran informasi secara manual yang membutuhkan waktu yang lama untuk menemu kembali beralih menggunakan sistem informasi yang berada dalam jaringan (Network) sehingga kita dapat mengakses informasi secara cepat dan dapat mengakses ke jaringan Data base mana saja yang ada dalam network.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi suatu rumah sakit merupakan hal yang sangat penting untuk segera diterapkan. Hal ini mengingat semakin kompleksnya permasalahan yang ada dalam data medik pasien maupun data-data administrasi yang ada di rumah sakit. Namun menyediakan SIM bukanlah hal yang mudah, terutama jika dikaitkan dengan biaya pengadaan SIM yang relatif sangat besar.
Penerapan sistem informasi pada suatu rumah sakit memerlukan suatu perencanaan yang matang. Bila dilakukan secara tergesa-gesa tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu dikhawatirkan akan memakan biaya yang mahal, kemungkinan ada biaya baru baik untuk riset kelayakan dan lain-lain akan menambah biaya selanjutnya. Dalam penerapan sistem informasi maka masalah finansial merupakan faktor yang sangat penting.

Dengan mukadimah di atas, makalah ini mencoba mengupas tentang aplikasi Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit yang dirancang oleh PT. Wahana Empat Bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan standar kualitas yang tinggi. Perusahaan memberikan komitmen penuh untuk menyediakan solusi yang terbaik untuk pelanggan perusahaan dan tidak pernah berhenti dalam melakukan penyempurnaan unsur-unsur pendukungnya. Disamping perangkat keras dan perangkat lunak berteknologi tinggi, perusahaan juga memiliki peranan sangat penting di dalam memberikan solusi yang tepat.

B. SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit.

Sebuah sistem informasi rumah sakit idealnya mencakup integrasi fungsi-fungsi klinikal (medis), keuangan, serta manajemen yang nantinya merupakan sub sistem dari sebuah sistem informasi rumah sakit. Sub sistem ini merupakan unsur dari sistem informasi rumah sakit yang tugasnya menyiapkan informasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada untuk menyederhanakan pelayanan pada suatu rumah sakit.

Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit & Accounting merupakan applikasi yang di develop untuk kebutuhan management Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah di dukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit dari front sampai back-end.

Aplikasi ini di develop berbasis web dengan sistem operasi Linux, sehingga mengurangi biaya management dalam pembelian license windows. Dengan adanya applikasi ini di harapkan dapat membantu operasional rumah sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit.

C. KEUNGGULAN dan PEMELIHARAAN

C.1 Teknologi

1. Fully integrated.

iHospital memberikan solusi dalam satu kesatuan system secara

keseluruhan sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan

laporan yang komprehensif (Front desk – Back End)

2. Modular.

iHospital terdiri dari modul-modul dengan fleksibilitas yang tinggi sehingga

memudahkan implementasi, pemeliharaan dan penambahan modul baru.

3. Client – Server Architecture.

iHospital dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk

pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodologi programming

4. Multi User – Multi Tasking.

iHospital dapat dioperasikan oleh pengguna (user) secara

bersama-sama (concurrent) tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif

5. Scalable.

iHospital memiliki tingkat skalabilitas tinggi. Kemampuan menyimpan data dan skalabilitas dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan teknologi.

6. Reliable.

iHospital dilengkapi dengan tool auto repair, backup, dan restore untuk perbaikan data secara otomatis jika terjadi kerusakan database sehingga menimimalkan ketergantungan

dengan vendor

C.2 Keamanan

iHospital didesign dengan sistem keamanan yang optimal untuk menjamin aplikasi diakses user yang berwenang sehingga meminimalkan terjadinya unauthorized user. Definisi tingkat keamanan dalam iHospital terdiri dari :

1. Server level

Level kemanan yang dirancang oleh administrator server / jaringan LAN. Prosedur keamanan disediakan oleh Operating System Server dalam manualbook

2. Application level

Level keamanan yang dirancang oleh aplikasi IHospital.

* Tingkatan keamanan aplikasi dibagi :

o Level Admin : Otoritas tertinggi untuk mengakses semua modul

o Patient Manager : Otoritas untuk modul yang berhubungan dengan pasien

o Pharmacy Manager : Otoritas penuh untuk modul apotik

o Employee Manager : Otoritas penuh untuk modul employee

o Hospital Manager : Otoritas penuh untuk modul-modul hospital

o Pasien User : Otoritas tertentu untuk modul pasien

o Hospital User : Otoritas tertentu untuk modul hospital

o Pharmacy User : Otoritas tertentu untuk modul pharmacy

PEMELIHARAAN

1. Sistem Integrasi dikembangkan untuk :

o Dukungan support dalam implementasi dan setelah implementasi system

o Dikembangkan oleh tim pengembang yang professional

o Inovasi dan pengembangan secara kontinu

2. Meminimalkan ketergantungan dengan vendor (Implementasi Mandiri )

3. Sentralisasi data dan manajemen (keamanan data)

4. Meningkatkan produktivitas SDM dalam manajemen

5. Transfer knowledge dalam hal manajemen, TI, dan Iptek

D. MODUL-MODUL APPLIKASI

A. Main (Master)

A.1 Data Dokter

Tambah Dokter

Tampilkan Data Dokter

Cari Data Dokter

A.2 Penunjang Medis

Tambah Data Layanan Medis

Tampilkan Data Layanan Medis

Cari Data Layanan Medis

A.3 Poliklinik

Tambah Data Layanan Poli

Tampilkan Data Layanan Poli

Cari Data Layanan Poli

A.4 Laboratorium

Tambah Data Layanan Lab

Tampilkan Data Layanan Lab

Cari Data Layanan Lab

A.5 Tindakan

Tambah Data Tindakan

Tampilkan Data Tindakan

Cari Data Tindakan

A.6 Biaya Administrasi

Administrasi Pasien Lama

Administrasi Pasien Baru

A.7 Backup Database

A.8 Log Off

A.9 Keluar

B. Pasien

B.1 Rawat Jalan

B.1.1 Pasien Rawat Jalan

Tambah Data Pasien

Tampilkan Data pasien

Pendaftaran pasien

B.1.2 Pertemuan Dokter

Tambah Daftar Pertemuan

Batalkan Pendaftaran

Cari Data Pendaftaran

B.1.3 Poliklinik

Pendaftaran Poli

Batalkan Pendaftaran

Penggunaan Obat & Alat

B.1.4 Penunjang Medis

Batalkan Pendaftaran

Cari Data Pendaftaran

B.1.5 Laboratorium

Tambah Pendaftaran Lab

Cari Data pendaftaran

Input Hasil Lab

Tampilkan hasil lab

B.1.6 Tindakan

Input Data Tindakan

Cari Data Tindakan

B.1.7 Resep

Input Data Resep

History Resep pasien

B.1.8 Tagihan

Tagihan / Pembayaran Poliklinik

Tagihan / Pembayaran Lab

Tagihan / Pembayaran Penunjang Medis

B.2 Rawat Inap

B.2.1 Rujukan

Daftar Pasien

Tambah Data Pasien

Tambah Data Penjamin

Tampilkan Daftar Rujukan

B.2.2 Perawatan

Tambah Data Kunjungan Dokter

Tambah Data penggunaan Obat & Alat

Tambah Data Layanan Penunjang Medis

Tambah Data Laboratorium

Tampilkan Semua Layanan

B.2.3 Pasien Keluar

Data Pasien Keluar

Daftar Pasien Keluar

B.2.4 Pembayaran Tagihan

Tampilkan Data Tagihan

Ubah Tagihan

Pembayaran Tagihan

B.3 Installasi Gawat Darurat

B.3.1 Data Pasien

Tambah Data Pasien

Tampilkan Data Pasien

B.3.2 Pendaftaran IGD

B.3.3 Tindakan – Tindakan

B.3.4 Penggunaan Material & Obat

B.3.5 Tagihan IGD

B.4 Installasi Bedah (OK)

B.4.1 Data Pasien

Tambah Data Pasien

Tampilkan Data Pasien

B.4.2 Pendaftaran Bedah

B.4.3 Tindakan – Tindakan

B.4.4 Penggunaan Material & Obat

B.4.5 Tagihan Bedah

B.5 Rekam Medis

Riwayat Klinik Pasien

Resume Data Pasien

Ringkasan Masuk / Keluar Pasien

Terintegrasi Dengan unit Terkait

Dapat diakses oleh user/unit yang membutuhkan

B.6 Unit Gizi

Tambah Menu Gizi

Tambah Tarif Gizi

Tampilkan Data Gizi

Laporan Penggunaan Gizi Rawat Inap

C. Management

C.1 Management Rumah Sakit

C.1.1 Management Dokter

Jadwal Dokter

Tampilkan Jadwal Dokter

C.1.2 Management Layanan

Jadwal layanan Poli

Jadwal layanan Medis

Jadwal Layanan Lab

C.1.3 Management Kelas

Tambah Tipe Kelas

Tampilkan Kelas

C.1.4 Management Kamar

Tambah Tipe Kamar

Tampilkan Kamar

C.1.5 Management Tempat Tidur

Tambah Data Tempat Tidur

Tampilkan Data Tempat Tidur

Tempat Tidur Yang Tersedia

C.1.6 Management Ruangan

Tambah Data Ruangan

Tampilkan Data Ruangan

C.1.7 Management Asuransi

Tambah Data Asuransi

Tampilkan Cover Unit

Pembayaran Billing Dengan Asuransi

Tampilkan Data Asuransi

Laporan Rekap Asuransi

Laporan Piutang Asuransi

C.2 Management Apotik

C.2.1 Penjualan

Billing Penjualan

Data Customer

C.2.2 Pembelian

Tagihan pembelian

Produk & Stock Obat

Kategori Obat

Data Supplier

C.2.4 Obat Resep Racikan

C.2.4 Pemesanan Obat Ke Gudang

C.2.5 Tampilkan Menu

C.3 Management Pendapatan Dokter

Kalkulasi Gaji & Pendapat Dokter

Cetak Gaji & Pendapatan Dokter

Show Menu

C.4 Inventory (Stock)

Stock Barang, Obat & Alat

Stock Obat Per Unit

Stock Opname

Pembelian Obat

Pemesanan Obat

Laporan Stock In & Stock Obat

D. Finance & Accounting

1. Fasilitas akuntansi

o Pembuatan standarisasi kode akun (Chart of Account)

o Manajemen aktiva tetap (fixed asset)

o Manajemen pembelian, penjualan, retur

o Monitoring piutang usaha dan pembuatan tagihan

o 2Monitoring hutang usaha dan pembayaran berkala

o Monitoring arus kas (Cash flow)

o Pembuatan anggaran berdasarkan kode akun

2. Penyediaan laporan keuangan

o Neraca

o Laporan laba/rugi

o Arus kas (Cash flow)

3. Laporan dan analisa

E. Laporan

E.1 Management Laporan

E.1.1 Laporan Pasien

Laporan Pendaftaran Lab

Laporan pendaftaran Penunjang Medis

Laporan Pendaftaran Poli

Laporan Pendaftaran IGD

Laporan Pemakaian Obat Rawat Jalan

Laporan Pemakaian Obat Rawat Inap

Laporan Penunjang Medis Rawat Inap

Laporan LayananLab Rawat Inap

Laporan Kunjungan Dokter Rawat Inap

E.1.2 Laporan Kelas & Ruangan

Laporan Data Kelas

Laporan Data Ruangan

Laporan Data Kamar & Tempat Tidur

Laporan Tempat Tidur Yang Tersedia

E.1.3 Laporan Apotik

Laporan Penjualan

Laporan Pembelian

Laporan Stock

Laporan Data Customer

Laporan Data & Pembayaran Hutang

Laporan Data & pembayaran Piutang

E.1.4 Laporan Management Dokter

Laporan Data Dokter

Laporan Pembayaran gaji Dokter

Laporan Pendapatan Dokter Berdasarkan Persentase

Laporan Data Dokter Tetap

E.1.5 Laporan Lainnya

E.2 Log Report

F. User Management

Ganti Password

Tambah User Login

G. Shift Kerja

Tambah Shift

Edit Shift

H. Buku Panduan

E. TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM APLIKASI

OPERATING SYSTEM:

Linux RedHat 9.0

DATABASE:

MySql (Database)

PHPMyAdmin (Database Tools)

DEVELOPMENT TOOLS:

PHP

Javascript

HTML

F. SPESIFIKASI HARDWARE

INTEL PENTIUM IV 2,6 GHz or higher CPU speed (Server)

INTEL PENTIUM III 900 MHZ or higher CPU speed (Client)

512 MB RAM for server & 128 MB RAM for client, Min 1000 MB disk space

Microsoft Internet Explorer 4.0 or above for INTERNET or INTRANET connectivity (optional)

Printer Dot Matrix or Laser Jet

G.FUNGSI APLIKASI

* Terhadap Tingkatan Manajemen

Pada organisasi RS dan organisasi bisnis lain pada umumnya, terdapat tiga (3) tingkatan Manajer, yaitu:

1) Top Manajer atau Direksi, yang membuat keputusan strategis dan mencari resources yang diperlukan organisasi untuk berkembang,

Contoh : * Dapat membuat laporan keuangan

* Perencanaan dan evaluasi program

2) Middle Manager, atau Manajer Fungsional yang mengoperasikan dan menjalankan roda organisasi,

Contoh : * Penelitian klinis

* Pengendalian mutu pelayanan

3) Lower Manager atau Supervisor yang mengkordinasikan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Komponen organisasi yang terpenting adalah Manajer Fungsional karena merekalah sebenarnya yang memegang dan mengoperasionalkan ASSET organisasi.

  1. Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
  2. Penyederhanaan pelayanan
  3. Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
  4. Pendidikan

H. MANFAAT dan HAMBATAN

1. MANFAAT

Manfaat yang bisa diharapkan dari adanya system informasi adalah:
1. Meningkatnya tingkat kepuasan para pasien karena adanya berbagai fasilitas dan
kemudahan yang mereka dapatkan mulai dari Pendaftaran sampai Pembayaran di kasir.
2. Cepatnya proses pengolahan dan tingginya akurasi dalam perhitungan data-data karena
semua proses dan perhitungan dilakukan secara terintegrasi dan otomatis.
3. Akan meningkatkan kualitas para tenaga medis di rumah sakit karena kemampuan mereka di dalam menyiapkan dan memberikan layanan kesehatan akan benar-benar diuji.
4. Tingginya kualitas layanan para karyawan rumah sakit karena mereka akan dituntut untuk bisa memberikan layanan dan informasi yang sifatnya Real Time.
5. Meningkatnya citra Rumah Sakit sebagai The Leading Hospital di dalam memberikan Quality Health Services

2.HAMBATAN

Beberapa hambatan-hambatan yang sering dialami oleh pihak Rumah Sakit yang disebabkan oleh system informasi yang belum dikelola dengan baik antara lain ;

1.Pencatatan yang berulang yang menyebabkan penduplikasian data,

2. Data yang belum terintegrasi atau masih tersebar,

3. Pencatatan data masih dilakukan secara manual sehingga banyak terdapat kesalahan dan informasi terlambat disebarkan.

Oleh karena system informasi manajemen untuk Rumah Sakit sangat perlu dilakukan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dapat menyajikan laporan akurat sehingga dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.

I. Konsep Bisnis Proses Aplikasi

J. Topologi Sistem

K. SCREENSHOT APPLIKASI

KESIMPULAN

1. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sangat dibutuhkan agar Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanannya baik ke pihak masyarakat umum maupun pihak manajemen.

2. Dengan adanya SIMRS, proses bisnis dalam Rumah Sakit dapat tepat waktu dan efektif terutama dalam proses pengambilan keputusan.

3. Kelas dan status Rumah Sakit akan mempengaruhi kebutuhan dalam pemilihan system informasi yang akan digunakan.

DAFTAR PUSTAKA

http://irwandykapalawi.wordpress.com/2009/04/16/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit/

http://www.icfhm.com/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=17

http://novarin.blog.upi.edu/2009/06/07/5/

http://www.scribd.com/doc/12877335/Proposal-Integrasi-Sistem-Informasi-Manajemen-Rumah-Sakit-dan-Accounting

http://fiastri-k.blogspot.com/2009/01/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit.html

BAB I

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan teknologi yang sangat cepat, telah membawa kita untuk hidup berdampingan dengan informasi dan teknologi itu sendiri. Sekarang ini banyak orang telah meninggalkan proses penelusuran informasi secara manual yang membutuhkan waktu yang lama untuk menemu kembali beralih menggunakan sistem informasi yang berada dalam jaringan (Network) sehingga kita dapat mengakses informasi secara cepat dan dapat mengakses ke jaringan Data base mana saja yang ada dalam network.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi suatu rumah sakit merupakan hal yang sangat penting untuk segera diterapkan. Hal ini mengingat semakin kompleksnya permasalahan yang ada dalam data medik pasien maupun data-data administrasi yang ada di rumah sakit. Namun menyediakan SIM bukanlah hal yang mudah, terutama jika dikaitkan dengan biaya pengadaan SIM yang relatif sangat besar.
Penerapan sistem informasi pada suatu rumah sakit memerlukan suatu perencanaan yang matang. Bila dilakukan secara tergesa-gesa tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu dikhawatirkan akan memakan biaya yang mahal, kemungkinan ada biaya baru baik untuk riset kelayakan dan lain-lain akan menambah biaya selanjutnya. Dalam penerapan sistem informasi maka masalah finansial merupakan faktor yang sangat penting.

Dengan mukadimah di atas, makalah ini mencoba mengupas tentang aplikasi Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit yang dirancang oleh PT. Wahana Empat Bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan standar kualitas yang tinggi. Perusahaan memberikan komitmen penuh untuk menyediakan solusi yang terbaik untuk pelanggan perusahaan dan tidak pernah berhenti dalam melakukan penyempurnaan unsur-unsur pendukungnya. Disamping perangkat keras dan perangkat lunak berteknologi tinggi, perusahaan juga memiliki peranan sangat penting di dalam memberikan solusi yang tepat.

B. SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit.

Sebuah sistem informasi rumah sakit idealnya mencakup integrasi fungsi-fungsi klinikal (medis), keuangan, serta manajemen yang nantinya merupakan sub sistem dari sebuah sistem informasi rumah sakit. Sub sistem ini merupakan unsur dari sistem informasi rumah sakit yang tugasnya menyiapkan informasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada untuk menyederhanakan pelayanan pada suatu rumah sakit.

Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit & Accounting merupakan applikasi yang di develop untuk kebutuhan management Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah di dukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit dari front sampai back-end.

Aplikasi ini di develop berbasis web dengan sistem operasi Linux, sehingga mengurangi biaya management dalam pembelian license windows. Dengan adanya applikasi ini di harapkan dapat membantu operasional rumah sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit.

C. KEUNGGULAN dan PEMELIHARAAN

C.1 Teknologi

1. Fully integrated.

iHospital memberikan solusi dalam satu kesatuan system secara

keseluruhan sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan

laporan yang komprehensif (Front desk – Back End)

2. Modular.

iHospital terdiri dari modul-modul dengan fleksibilitas yang tinggi sehingga

memudahkan implementasi, pemeliharaan dan penambahan modul baru.

3. Client – Server Architecture.

iHospital dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk

pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodologi programming

4. Multi User – Multi Tasking.

iHospital dapat dioperasikan oleh pengguna (user) secara

bersama-sama (concurrent) tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif

5. Scalable.

iHospital memiliki tingkat skalabilitas tinggi. Kemampuan menyimpan data dan skalabilitas dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan teknologi.

6. Reliable.

iHospital dilengkapi dengan tool auto repair, backup, dan restore untuk perbaikan data secara otomatis jika terjadi kerusakan database sehingga menimimalkan ketergantungan

dengan vendor

C.2 Keamanan

iHospital didesign dengan sistem keamanan yang optimal untuk menjamin aplikasi diakses user yang berwenang sehingga meminimalkan terjadinya unauthorized user. Definisi tingkat keamanan dalam iHospital terdiri dari :

1. Server level

Level kemanan yang dirancang oleh administrator server / jaringan LAN. Prosedur keamanan disediakan oleh Operating System Server dalam manualbook

2. Application level

Level keamanan yang dirancang oleh aplikasi IHospital.

* Tingkatan keamanan aplikasi dibagi :

o Level Admin : Otoritas tertinggi untuk mengakses semua modul

o Patient Manager : Otoritas untuk modul yang berhubungan dengan pasien

o Pharmacy Manager : Otoritas penuh untuk modul apotik

o Employee Manager : Otoritas penuh untuk modul employee

o Hospital Manager : Otoritas penuh untuk modul-modul hospital

o Pasien User : Otoritas tertentu untuk modul pasien

o Hospital User : Otoritas tertentu untuk modul hospital

o Pharmacy User : Otoritas tertentu untuk modul pharmacy

PEMELIHARAAN

1. Sistem Integrasi dikembangkan untuk :

o Dukungan support dalam implementasi dan setelah implementasi system

o Dikembangkan oleh tim pengembang yang professional

o Inovasi dan pengembangan secara kontinu

2. Meminimalkan ketergantungan dengan vendor (Implementasi Mandiri )

3. Sentralisasi data dan manajemen (keamanan data)

4. Meningkatkan produktivitas SDM dalam manajemen

5. Transfer knowledge dalam hal manajemen, TI, dan Iptek

D. MODUL-MODUL APPLIKASI

A. Main (Master)

A.1 Data Dokter

Tambah Dokter

Tampilkan Data Dokter

Cari Data Dokter

A.2 Penunjang Medis

Tambah Data Layanan Medis

Tampilkan Data Layanan Medis

Cari Data Layanan Medis

A.3 Poliklinik

Tambah Data Layanan Poli

Tampilkan Data Layanan Poli

Cari Data Layanan Poli

A.4 Laboratorium

Tambah Data Layanan Lab

Tampilkan Data Layanan Lab

Cari Data Layanan Lab

A.5 Tindakan

Tambah Data Tindakan

Tampilkan Data Tindakan

Cari Data Tindakan

A.6 Biaya Administrasi

Administrasi Pasien Lama

Administrasi Pasien Baru

A.7 Backup Database

A.8 Log Off

A.9 Keluar

B. Pasien

B.1 Rawat Jalan

B.1.1 Pasien Rawat Jalan

Tambah Data Pasien

Tampilkan Data pasien

Pendaftaran pasien

B.1.2 Pertemuan Dokter

Tambah Daftar Pertemuan

Batalkan Pendaftaran

Cari Data Pendaftaran

B.1.3 Poliklinik

Pendaftaran Poli

Batalkan Pendaftaran

Penggunaan Obat & Alat

B.1.4 Penunjang Medis

Batalkan Pendaftaran

Cari Data Pendaftaran

B.1.5 Laboratorium

Tambah Pendaftaran Lab

Cari Data pendaftaran

Input Hasil Lab

Tampilkan hasil lab

B.1.6 Tindakan

Input Data Tindakan

Cari Data Tindakan

B.1.7 Resep

Input Data Resep

History Resep pasien

B.1.8 Tagihan

Tagihan / Pembayaran Poliklinik

Tagihan / Pembayaran Lab

Tagihan / Pembayaran Penunjang Medis

B.2 Rawat Inap

B.2.1 Rujukan

Daftar Pasien

Tambah Data Pasien

Tambah Data Penjamin

Tampilkan Daftar Rujukan

B.2.2 Perawatan

Tambah Data Kunjungan Dokter

Tambah Data penggunaan Obat & Alat

Tambah Data Layanan Penunjang Medis

Tambah Data Laboratorium

Tampilkan Semua Layanan

B.2.3 Pasien Keluar

Data Pasien Keluar

Daftar Pasien Keluar

B.2.4 Pembayaran Tagihan

Tampilkan Data Tagihan

Ubah Tagihan

Pembayaran Tagihan

B.3 Installasi Gawat Darurat

B.3.1 Data Pasien

Tambah Data Pasien

Tampilkan Data Pasien

B.3.2 Pendaftaran IGD

B.3.3 Tindakan – Tindakan

B.3.4 Penggunaan Material & Obat

B.3.5 Tagihan IGD

B.4 Installasi Bedah (OK)

B.4.1 Data Pasien

Tambah Data Pasien

Tampilkan Data Pasien

B.4.2 Pendaftaran Bedah

B.4.3 Tindakan – Tindakan

B.4.4 Penggunaan Material & Obat

B.4.5 Tagihan Bedah

B.5 Rekam Medis

Riwayat Klinik Pasien

Resume Data Pasien

Ringkasan Masuk / Keluar Pasien

Terintegrasi Dengan unit Terkait

Dapat diakses oleh user/unit yang membutuhkan

B.6 Unit Gizi

Tambah Menu Gizi

Tambah Tarif Gizi

Tampilkan Data Gizi

Laporan Penggunaan Gizi Rawat Inap

C. Management

C.1 Management Rumah Sakit

C.1.1 Management Dokter

Jadwal Dokter

Tampilkan Jadwal Dokter

C.1.2 Management Layanan

Jadwal layanan Poli

Jadwal layanan Medis

Jadwal Layanan Lab

C.1.3 Management Kelas

Tambah Tipe Kelas

Tampilkan Kelas

C.1.4 Management Kamar

Tambah Tipe Kamar

Tampilkan Kamar

C.1.5 Management Tempat Tidur

Tambah Data Tempat Tidur

Tampilkan Data Tempat Tidur

Tempat Tidur Yang Tersedia

C.1.6 Management Ruangan

Tambah Data Ruangan

Tampilkan Data Ruangan

C.1.7 Management Asuransi

Tambah Data Asuransi

Tampilkan Cover Unit

Pembayaran Billing Dengan Asuransi

Tampilkan Data Asuransi

Laporan Rekap Asuransi

Laporan Piutang Asuransi

C.2 Management Apotik

C.2.1 Penjualan

Billing Penjualan

Data Customer

C.2.2 Pembelian

Tagihan pembelian

Produk & Stock Obat

Kategori Obat

Data Supplier

C.2.4 Obat Resep Racikan

C.2.4 Pemesanan Obat Ke Gudang

C.2.5 Tampilkan Menu

C.3 Management Pendapatan Dokter

Kalkulasi Gaji & Pendapat Dokter

Cetak Gaji & Pendapatan Dokter

Show Menu

C.4 Inventory (Stock)

Stock Barang, Obat & Alat

Stock Obat Per Unit

Stock Opname

Pembelian Obat

Pemesanan Obat

Laporan Stock In & Stock Obat

D. Finance & Accounting

1. Fasilitas akuntansi

o Pembuatan standarisasi kode akun (Chart of Account)

o Manajemen aktiva tetap (fixed asset)

o Manajemen pembelian, penjualan, retur

o Monitoring piutang usaha dan pembuatan tagihan

o 2Monitoring hutang usaha dan pembayaran berkala

o Monitoring arus kas (Cash flow)

o Pembuatan anggaran berdasarkan kode akun

2. Penyediaan laporan keuangan

o Neraca

o Laporan laba/rugi

o Arus kas (Cash flow)

3. Laporan dan analisa

E. Laporan

E.1 Management Laporan

E.1.1 Laporan Pasien

Laporan Pendaftaran Lab

Laporan pendaftaran Penunjang Medis

Laporan Pendaftaran Poli

Laporan Pendaftaran IGD

Laporan Pemakaian Obat Rawat Jalan

Laporan Pemakaian Obat Rawat Inap

Laporan Penunjang Medis Rawat Inap

Laporan LayananLab Rawat Inap

Laporan Kunjungan Dokter Rawat Inap

E.1.2 Laporan Kelas & Ruangan

Laporan Data Kelas

Laporan Data Ruangan

Laporan Data Kamar & Tempat Tidur

Laporan Tempat Tidur Yang Tersedia

E.1.3 Laporan Apotik

Laporan Penjualan

Laporan Pembelian

Laporan Stock

Laporan Data Customer

Laporan Data & Pembayaran Hutang

Laporan Data & pembayaran Piutang

E.1.4 Laporan Management Dokter

Laporan Data Dokter

Laporan Pembayaran gaji Dokter

Laporan Pendapatan Dokter Berdasarkan Persentase

Laporan Data Dokter Tetap

E.1.5 Laporan Lainnya

E.2 Log Report

F. User Management

Ganti Password

Tambah User Login

G. Shift Kerja

Tambah Shift

Edit Shift

H. Buku Panduan

E. TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM APLIKASI

OPERATING SYSTEM:

Linux RedHat 9.0

DATABASE:

MySql (Database)

PHPMyAdmin (Database Tools)

DEVELOPMENT TOOLS:

PHP

Javascript

HTML

F. SPESIFIKASI HARDWARE

INTEL PENTIUM IV 2,6 GHz or higher CPU speed (Server)

INTEL PENTIUM III 900 MHZ or higher CPU speed (Client)

512 MB RAM for server & 128 MB RAM for client, Min 1000 MB disk space

Microsoft Internet Explorer 4.0 or above for INTERNET or INTRANET connectivity (optional)

Printer Dot Matrix or Laser Jet

G.FUNGSI APLIKASI

* Terhadap Tingkatan Manajemen

Pada organisasi RS dan organisasi bisnis lain pada umumnya, terdapat tiga (3) tingkatan Manajer, yaitu:

1) Top Manajer atau Direksi, yang membuat keputusan strategis dan mencari resources yang diperlukan organisasi untuk berkembang,

Contoh : * Dapat membuat laporan keuangan

* Perencanaan dan evaluasi program

2) Middle Manager, atau Manajer Fungsional yang mengoperasikan dan menjalankan roda organisasi,

Contoh : * Penelitian klinis

* Pengendalian mutu pelayanan

3) Lower Manager atau Supervisor yang mengkordinasikan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Komponen organisasi yang terpenting adalah Manajer Fungsional karena merekalah sebenarnya yang memegang dan mengoperasionalkan ASSET organisasi.

  1. Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
  2. Penyederhanaan pelayanan
  3. Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
  4. Pendidikan

H. MANFAAT dan HAMBATAN

1. MANFAAT

Manfaat yang bisa diharapkan dari adanya system informasi adalah:
1. Meningkatnya tingkat kepuasan para pasien karena adanya berbagai fasilitas dan
kemudahan yang mereka dapatkan mulai dari Pendaftaran sampai Pembayaran di kasir.
2. Cepatnya proses pengolahan dan tingginya akurasi dalam perhitungan data-data karena
semua proses dan perhitungan dilakukan secara terintegrasi dan otomatis.
3. Akan meningkatkan kualitas para tenaga medis di rumah sakit karena kemampuan mereka di dalam menyiapkan dan memberikan layanan kesehatan akan benar-benar diuji.
4. Tingginya kualitas layanan para karyawan rumah sakit karena mereka akan dituntut untuk bisa memberikan layanan dan informasi yang sifatnya Real Time.
5. Meningkatnya citra Rumah Sakit sebagai The Leading Hospital di dalam memberikan Quality Health Services

2.HAMBATAN

Beberapa hambatan-hambatan yang sering dialami oleh pihak Rumah Sakit yang disebabkan oleh system informasi yang belum dikelola dengan baik antara lain ;

1.Pencatatan yang berulang yang menyebabkan penduplikasian data,

2. Data yang belum terintegrasi atau masih tersebar,

3. Pencatatan data masih dilakukan secara manual sehingga banyak terdapat kesalahan dan informasi terlambat disebarkan.

Oleh karena system informasi manajemen untuk Rumah Sakit sangat perlu dilakukan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dapat menyajikan laporan akurat sehingga dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.

I. Konsep Bisnis Proses Aplikasi

J. Topologi Sistem

K. SCREENSHOT APPLIKASI

KESIMPULAN

1. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sangat dibutuhkan agar Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanannya baik ke pihak masyarakat umum maupun pihak manajemen.

2. Dengan adanya SIMRS, proses bisnis dalam Rumah Sakit dapat tepat waktu dan efektif terutama dalam proses pengambilan keputusan.

3. Kelas dan status Rumah Sakit akan mempengaruhi kebutuhan dalam pemilihan system informasi yang akan digunakan.

DAFTAR PUSTAKA

http://irwandykapalawi.wordpress.com/2009/04/16/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit/

http://www.icfhm.com/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=17

http://novarin.blog.upi.edu/2009/06/07/5/

http://www.scribd.com/doc/12877335/Proposal-Integrasi-Sistem-Informasi-Manajemen-Rumah-Sakit-dan-Accounting

http://fiastri-k.blogspot.com/2009/01/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit.html

Tidak ada komentar: