BAB I
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan teknologi yang sangat cepat, telah membawa kita untuk hidup berdampingan dengan informasi dan teknologi itu sendiri. Sekarang ini banyak orang telah meninggalkan proses penelusuran informasi secara manual yang membutuhkan waktu yang lama untuk menemu kembali beralih menggunakan sistem informasi yang berada dalam jaringan (Network) sehingga kita dapat mengakses informasi secara cepat dan dapat mengakses ke jaringan Data base mana saja yang ada dalam network.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi suatu rumah sakit merupakan hal yang sangat penting untuk segera diterapkan. Hal ini mengingat semakin kompleksnya permasalahan yang ada dalam data medik pasien maupun data-data administrasi yang ada di rumah sakit. Namun menyediakan SIM bukanlah hal yang mudah, terutama jika dikaitkan dengan biaya pengadaan SIM yang relatif sangat besar.
Penerapan sistem informasi pada suatu rumah sakit memerlukan suatu perencanaan yang matang. Bila dilakukan secara tergesa-gesa tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu dikhawatirkan akan memakan biaya yang mahal, kemungkinan ada biaya baru baik untuk riset kelayakan dan lain-lain akan menambah biaya selanjutnya. Dalam penerapan sistem informasi maka masalah finansial merupakan faktor yang sangat penting.
Dengan mukadimah di atas, makalah ini mencoba mengupas tentang aplikasi Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit yang dirancang oleh PT. Wahana Empat Bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan standar kualitas yang tinggi. Perusahaan memberikan komitmen penuh untuk menyediakan solusi yang terbaik untuk pelanggan perusahaan dan tidak pernah berhenti dalam melakukan penyempurnaan unsur-unsur pendukungnya. Disamping perangkat keras dan perangkat lunak berteknologi tinggi, perusahaan juga memiliki peranan sangat penting di dalam memberikan solusi yang tepat.
B. SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT
Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit.
Sebuah sistem informasi rumah sakit idealnya mencakup integrasi fungsi-fungsi klinikal (medis), keuangan, serta manajemen yang nantinya merupakan sub sistem dari sebuah sistem informasi rumah sakit. Sub sistem ini merupakan unsur dari sistem informasi rumah sakit yang tugasnya menyiapkan informasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada untuk menyederhanakan pelayanan pada suatu rumah sakit.
Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit & Accounting merupakan applikasi yang di develop untuk kebutuhan management Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah di dukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit dari front sampai back-end.
Aplikasi ini di develop berbasis web dengan sistem operasi Linux, sehingga mengurangi biaya management dalam pembelian license windows. Dengan adanya applikasi ini di harapkan dapat membantu operasional rumah sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit.
C. KEUNGGULAN dan PEMELIHARAAN
C.1 Teknologi
1. Fully integrated.
iHospital memberikan solusi dalam satu kesatuan system secara
keseluruhan sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan
laporan yang komprehensif (Front desk – Back End)
2. Modular.
iHospital terdiri dari modul-modul dengan fleksibilitas yang tinggi sehingga
memudahkan implementasi, pemeliharaan dan penambahan modul baru.
3. Client – Server Architecture.
iHospital dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk
pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodologi programming
4. Multi User – Multi Tasking.
iHospital dapat dioperasikan oleh pengguna (user) secara
bersama-sama (concurrent) tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif
5. Scalable.
iHospital memiliki tingkat skalabilitas tinggi. Kemampuan menyimpan data dan skalabilitas dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan teknologi.
6. Reliable.
iHospital dilengkapi dengan tool auto repair, backup, dan restore untuk perbaikan data secara otomatis jika terjadi kerusakan database sehingga menimimalkan ketergantungan
dengan vendor
C.2 Keamanan
iHospital didesign dengan sistem keamanan yang optimal untuk menjamin aplikasi diakses user yang berwenang sehingga meminimalkan terjadinya unauthorized user. Definisi tingkat keamanan dalam iHospital terdiri dari :
1. Server level
Level kemanan yang dirancang oleh administrator server / jaringan LAN. Prosedur keamanan disediakan oleh Operating System Server dalam manualbook
2. Application level
Level keamanan yang dirancang oleh aplikasi IHospital.
* Tingkatan keamanan aplikasi dibagi :
o Level Admin : Otoritas tertinggi untuk mengakses semua modul
o Patient Manager : Otoritas untuk modul yang berhubungan dengan pasien
o Pharmacy Manager : Otoritas penuh untuk modul apotik
o Employee Manager : Otoritas penuh untuk modul employee
o Hospital Manager : Otoritas penuh untuk modul-modul hospital
o Pasien User : Otoritas tertentu untuk modul pasien
o Hospital User : Otoritas tertentu untuk modul hospital
o Pharmacy User : Otoritas tertentu untuk modul pharmacy
PEMELIHARAAN
1. Sistem Integrasi dikembangkan untuk :
o Dukungan support dalam implementasi dan setelah implementasi system
o Dikembangkan oleh tim pengembang yang professional
o Inovasi dan pengembangan secara kontinu
2. Meminimalkan ketergantungan dengan vendor (Implementasi Mandiri )
3. Sentralisasi data dan manajemen (keamanan data)
4. Meningkatkan produktivitas SDM dalam manajemen
5. Transfer knowledge dalam hal manajemen, TI, dan Iptek
D. MODUL-MODUL APPLIKASI
A. Main (Master)
A.1 Data Dokter
Tambah Dokter
Tampilkan Data Dokter
Cari Data Dokter
A.2 Penunjang Medis
Tambah Data Layanan Medis
Tampilkan Data Layanan Medis
Cari Data Layanan Medis
A.3 Poliklinik
Tambah Data Layanan Poli
Tampilkan Data Layanan Poli
Cari Data Layanan Poli
A.4 Laboratorium
Tambah Data Layanan Lab
Tampilkan Data Layanan Lab
Cari Data Layanan Lab
A.5 Tindakan
Tambah Data Tindakan
Tampilkan Data Tindakan
Cari Data Tindakan
A.6 Biaya Administrasi
Administrasi Pasien Lama
Administrasi Pasien Baru
A.7 Backup Database
A.8 Log Off
A.9 Keluar
B. Pasien
B.1 Rawat Jalan
B.1.1 Pasien Rawat Jalan
Tambah Data Pasien
Tampilkan Data pasien
Pendaftaran pasien
B.1.2 Pertemuan Dokter
Tambah Daftar Pertemuan
Batalkan Pendaftaran
Cari Data Pendaftaran
B.1.3 Poliklinik
Pendaftaran Poli
Batalkan Pendaftaran
Penggunaan Obat & Alat
B.1.4 Penunjang Medis
Batalkan Pendaftaran
Cari Data Pendaftaran
B.1.5 Laboratorium
Tambah Pendaftaran Lab
Cari Data pendaftaran
Input Hasil Lab
Tampilkan hasil lab
B.1.6 Tindakan
Input Data Tindakan
Cari Data Tindakan
B.1.7 Resep
Input Data Resep
History Resep pasien
B.1.8 Tagihan
Tagihan / Pembayaran Poliklinik
Tagihan / Pembayaran Lab
Tagihan / Pembayaran Penunjang Medis
B.2 Rawat Inap
B.2.1 Rujukan
Daftar Pasien
Tambah Data Pasien
Tambah Data Penjamin
Tampilkan Daftar Rujukan
B.2.2 Perawatan
Tambah Data Kunjungan Dokter
Tambah Data penggunaan Obat & Alat
Tambah Data Layanan Penunjang Medis
Tambah Data Laboratorium
Tampilkan Semua Layanan
B.2.3 Pasien Keluar
Data Pasien Keluar
Daftar Pasien Keluar
B.2.4 Pembayaran Tagihan
Tampilkan Data Tagihan
Ubah Tagihan
Pembayaran Tagihan
B.3 Installasi Gawat Darurat
B.3.1 Data Pasien
Tambah Data Pasien
Tampilkan Data Pasien
B.3.2 Pendaftaran IGD
B.3.3 Tindakan – Tindakan
B.3.4 Penggunaan Material & Obat
B.3.5 Tagihan IGD
B.4 Installasi Bedah (OK)
B.4.1 Data Pasien
Tambah Data Pasien
Tampilkan Data Pasien
B.4.2 Pendaftaran Bedah
B.4.3 Tindakan – Tindakan
B.4.4 Penggunaan Material & Obat
B.4.5 Tagihan Bedah
B.5 Rekam Medis
Riwayat Klinik Pasien
Resume Data Pasien
Ringkasan Masuk / Keluar Pasien
Terintegrasi Dengan unit Terkait
Dapat diakses oleh user/unit yang membutuhkan
B.6 Unit Gizi
Tambah Menu Gizi
Tambah Tarif Gizi
Tampilkan Data Gizi
Laporan Penggunaan Gizi Rawat Inap
C. Management
C.1 Management Rumah Sakit
C.1.1 Management Dokter
Jadwal Dokter
Tampilkan Jadwal Dokter
C.1.2 Management Layanan
Jadwal layanan Poli
Jadwal layanan Medis
Jadwal Layanan Lab
C.1.3 Management Kelas
Tambah Tipe Kelas
Tampilkan Kelas
C.1.4 Management Kamar
Tambah Tipe Kamar
Tampilkan Kamar
C.1.5 Management Tempat Tidur
Tambah Data Tempat Tidur
Tampilkan Data Tempat Tidur
Tempat Tidur Yang Tersedia
C.1.6 Management Ruangan
Tambah Data Ruangan
Tampilkan Data Ruangan
C.1.7 Management Asuransi
Tambah Data Asuransi
Tampilkan Cover Unit
Pembayaran Billing Dengan Asuransi
Tampilkan Data Asuransi
Laporan Rekap Asuransi
Laporan Piutang Asuransi
C.2 Management Apotik
C.2.1 Penjualan
Billing Penjualan
Data Customer
C.2.2 Pembelian
Tagihan pembelian
Produk & Stock Obat
Kategori Obat
Data Supplier
C.2.4 Obat Resep Racikan
C.2.4 Pemesanan Obat Ke Gudang
C.2.5 Tampilkan Menu
C.3 Management Pendapatan Dokter
Kalkulasi Gaji & Pendapat Dokter
Cetak Gaji & Pendapatan Dokter
Show Menu
C.4 Inventory (Stock)
Stock Barang, Obat & Alat
Stock Obat Per Unit
Stock Opname
Pembelian Obat
Pemesanan Obat
Laporan Stock In & Stock Obat
D. Finance & Accounting
1. Fasilitas akuntansi
o Pembuatan standarisasi kode akun (Chart of Account)
o Manajemen aktiva tetap (fixed asset)
o Manajemen pembelian, penjualan, retur
o Monitoring piutang usaha dan pembuatan tagihan
o 2Monitoring hutang usaha dan pembayaran berkala
o Monitoring arus kas (Cash flow)
o Pembuatan anggaran berdasarkan kode akun
2. Penyediaan laporan keuangan
o Neraca
o Laporan laba/rugi
o Arus kas (Cash flow)
3. Laporan dan analisa
E. Laporan
E.1 Management Laporan
E.1.1 Laporan Pasien
Laporan Pendaftaran Lab
Laporan pendaftaran Penunjang Medis
Laporan Pendaftaran Poli
Laporan Pendaftaran IGD
Laporan Pemakaian Obat Rawat Jalan
Laporan Pemakaian Obat Rawat Inap
Laporan Penunjang Medis Rawat Inap
Laporan LayananLab Rawat Inap
Laporan Kunjungan Dokter Rawat Inap
E.1.2 Laporan Kelas & Ruangan
Laporan Data Kelas
Laporan Data Ruangan
Laporan Data Kamar & Tempat Tidur
Laporan Tempat Tidur Yang Tersedia
E.1.3 Laporan Apotik
Laporan Penjualan
Laporan Pembelian
Laporan Stock
Laporan Data Customer
Laporan Data & Pembayaran Hutang
Laporan Data & pembayaran Piutang
E.1.4 Laporan Management Dokter
Laporan Data Dokter
Laporan Pembayaran gaji Dokter
Laporan Pendapatan Dokter Berdasarkan Persentase
Laporan Data Dokter Tetap
E.1.5 Laporan Lainnya
E.2 Log Report
F. User Management
Ganti Password
Tambah User Login
G. Shift Kerja
Tambah Shift
Edit Shift
H. Buku Panduan
E. TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM APLIKASI
OPERATING SYSTEM:
Linux RedHat 9.0
DATABASE:
MySql (Database)
PHPMyAdmin (Database Tools)
DEVELOPMENT TOOLS:
PHP
Javascript
HTML
F. SPESIFIKASI HARDWARE
INTEL PENTIUM IV 2,6 GHz or higher CPU speed (Server)
INTEL PENTIUM III 900 MHZ or higher CPU speed (Client)
512 MB RAM for server & 128 MB RAM for client, Min 1000 MB disk space
Microsoft Internet Explorer 4.0 or above for INTERNET or INTRANET connectivity (optional)
Printer Dot Matrix or Laser Jet
G.FUNGSI APLIKASI
* Terhadap Tingkatan Manajemen
Pada organisasi RS dan organisasi bisnis lain pada umumnya, terdapat tiga (3) tingkatan Manajer, yaitu:
1) Top Manajer atau Direksi, yang membuat keputusan strategis dan mencari resources yang diperlukan organisasi untuk berkembang,
Contoh : * Dapat membuat laporan keuangan
* Perencanaan dan evaluasi program
2) Middle Manager, atau Manajer Fungsional yang mengoperasikan dan menjalankan roda organisasi,
Contoh : * Penelitian klinis
* Pengendalian mutu pelayanan
3) Lower Manager atau Supervisor yang mengkordinasikan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Komponen organisasi yang terpenting adalah Manajer Fungsional karena merekalah sebenarnya yang memegang dan mengoperasionalkan ASSET organisasi.
- Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
- Penyederhanaan pelayanan
- Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
- Pendidikan
H. MANFAAT dan HAMBATAN
1. MANFAAT
Manfaat yang bisa diharapkan dari adanya system informasi adalah:
1. Meningkatnya tingkat kepuasan para pasien karena adanya berbagai fasilitas dan kemudahan yang mereka dapatkan mulai dari Pendaftaran sampai Pembayaran di kasir.
2. Cepatnya proses pengolahan dan tingginya akurasi dalam perhitungan data-data karena semua proses dan perhitungan dilakukan secara terintegrasi dan otomatis.
3. Akan meningkatkan kualitas para tenaga medis di rumah sakit karena kemampuan mereka di dalam menyiapkan dan memberikan layanan kesehatan akan benar-benar diuji.
4. Tingginya kualitas layanan para karyawan rumah sakit karena mereka akan dituntut untuk bisa memberikan layanan dan informasi yang sifatnya Real Time.
5. Meningkatnya citra Rumah Sakit sebagai The Leading Hospital di dalam memberikan Quality Health Services
2.HAMBATAN
Beberapa hambatan-hambatan yang sering dialami oleh pihak Rumah Sakit yang disebabkan oleh system informasi yang belum dikelola dengan baik antara lain ;
1.Pencatatan yang berulang yang menyebabkan penduplikasian data,
2. Data yang belum terintegrasi atau masih tersebar,
3. Pencatatan data masih dilakukan secara manual sehingga banyak terdapat kesalahan dan informasi terlambat disebarkan.
Oleh karena system informasi manajemen untuk Rumah Sakit sangat perlu dilakukan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dapat menyajikan laporan akurat sehingga dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.
I. Konsep Bisnis Proses Aplikasi
J. Topologi Sistem
K. SCREENSHOT APPLIKASI
KESIMPULAN
1. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sangat dibutuhkan agar Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanannya baik ke pihak masyarakat umum maupun pihak manajemen.
2. Dengan adanya SIMRS, proses bisnis dalam Rumah Sakit dapat tepat waktu dan efektif terutama dalam proses pengambilan keputusan.
3. Kelas dan status Rumah Sakit akan mempengaruhi kebutuhan dalam pemilihan system informasi yang akan digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
♦ http://irwandykapalawi.wordpress.com/2009/04/16/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit/
♦http://www.icfhm.com/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=17
♦http://novarin.blog.upi.edu/2009/06/07/5/
♦
♦http://fiastri-k.blogspot.com/2009/01/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit.html
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan teknologi yang sangat cepat, telah membawa kita untuk hidup berdampingan dengan informasi dan teknologi itu sendiri. Sekarang ini banyak orang telah meninggalkan proses penelusuran informasi secara manual yang membutuhkan waktu yang lama untuk menemu kembali beralih menggunakan sistem informasi yang berada dalam jaringan (Network) sehingga kita dapat mengakses informasi secara cepat dan dapat mengakses ke jaringan Data base mana saja yang ada dalam network.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi suatu rumah sakit merupakan hal yang sangat penting untuk segera diterapkan. Hal ini mengingat semakin kompleksnya permasalahan yang ada dalam data medik pasien maupun data-data administrasi yang ada di rumah sakit. Namun menyediakan SIM bukanlah hal yang mudah, terutama jika dikaitkan dengan biaya pengadaan SIM yang relatif sangat besar.
Penerapan sistem informasi pada suatu rumah sakit memerlukan suatu perencanaan yang matang. Bila dilakukan secara tergesa-gesa tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu dikhawatirkan akan memakan biaya yang mahal, kemungkinan ada biaya baru baik untuk riset kelayakan dan lain-lain akan menambah biaya selanjutnya. Dalam penerapan sistem informasi maka masalah finansial merupakan faktor yang sangat penting.
Dengan mukadimah di atas, makalah ini mencoba mengupas tentang aplikasi Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit yang dirancang oleh PT. Wahana Empat Bersama yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan standar kualitas yang tinggi. Perusahaan memberikan komitmen penuh untuk menyediakan solusi yang terbaik untuk pelanggan perusahaan dan tidak pernah berhenti dalam melakukan penyempurnaan unsur-unsur pendukungnya. Disamping perangkat keras dan perangkat lunak berteknologi tinggi, perusahaan juga memiliki peranan sangat penting di dalam memberikan solusi yang tepat.
B. SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT
Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) adalah suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit.
Sebuah sistem informasi rumah sakit idealnya mencakup integrasi fungsi-fungsi klinikal (medis), keuangan, serta manajemen yang nantinya merupakan sub sistem dari sebuah sistem informasi rumah sakit. Sub sistem ini merupakan unsur dari sistem informasi rumah sakit yang tugasnya menyiapkan informasi berdasarkan fungsi-fungsi yang ada untuk menyederhanakan pelayanan pada suatu rumah sakit.
Integrasi Sistem Informasi Rumah Sakit & Accounting merupakan applikasi yang di develop untuk kebutuhan management Rumah Sakit baik swasta maupun negeri, dimana sistem ini sudah di dukung dengan fitur dan modul yang lengkap untuk operasional Rumah Sakit dari front sampai back-end.
Aplikasi ini di develop berbasis web dengan sistem operasi Linux, sehingga mengurangi biaya management dalam pembelian license windows. Dengan adanya applikasi ini di harapkan dapat membantu operasional rumah sakit dan dapat meningkatkan pelayanan rumah sakit.
C. KEUNGGULAN dan PEMELIHARAAN
C.1 Teknologi
1. Fully integrated.
iHospital memberikan solusi dalam satu kesatuan system secara
keseluruhan sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghasilkan informasi dan
laporan yang komprehensif (Front desk – Back End)
2. Modular.
iHospital terdiri dari modul-modul dengan fleksibilitas yang tinggi sehingga
memudahkan implementasi, pemeliharaan dan penambahan modul baru.
3. Client – Server Architecture.
iHospital dirancang dengan arsitektur yang difungsikan untuk
pengaksesan data dan transaksi dengan kapasitas besar yang meliputi business rules, user level, security dan metodologi programming
4. Multi User – Multi Tasking.
iHospital dapat dioperasikan oleh pengguna (user) secara
bersama-sama (concurrent) tanpa menimbulkan interupsi sehingga proses data lebih cepat dan efektif
5. Scalable.
iHospital memiliki tingkat skalabilitas tinggi. Kemampuan menyimpan data dan skalabilitas dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai dengan teknologi.
6. Reliable.
iHospital dilengkapi dengan tool auto repair, backup, dan restore untuk perbaikan data secara otomatis jika terjadi kerusakan database sehingga menimimalkan ketergantungan
dengan vendor
C.2 Keamanan
iHospital didesign dengan sistem keamanan yang optimal untuk menjamin aplikasi diakses user yang berwenang sehingga meminimalkan terjadinya unauthorized user. Definisi tingkat keamanan dalam iHospital terdiri dari :
1. Server level
Level kemanan yang dirancang oleh administrator server / jaringan LAN. Prosedur keamanan disediakan oleh Operating System Server dalam manualbook
2. Application level
Level keamanan yang dirancang oleh aplikasi IHospital.
* Tingkatan keamanan aplikasi dibagi :
o Level Admin : Otoritas tertinggi untuk mengakses semua modul
o Patient Manager : Otoritas untuk modul yang berhubungan dengan pasien
o Pharmacy Manager : Otoritas penuh untuk modul apotik
o Employee Manager : Otoritas penuh untuk modul employee
o Hospital Manager : Otoritas penuh untuk modul-modul hospital
o Pasien User : Otoritas tertentu untuk modul pasien
o Hospital User : Otoritas tertentu untuk modul hospital
o Pharmacy User : Otoritas tertentu untuk modul pharmacy
PEMELIHARAAN
1. Sistem Integrasi dikembangkan untuk :
o Dukungan support dalam implementasi dan setelah implementasi system
o Dikembangkan oleh tim pengembang yang professional
o Inovasi dan pengembangan secara kontinu
2. Meminimalkan ketergantungan dengan vendor (Implementasi Mandiri )
3. Sentralisasi data dan manajemen (keamanan data)
4. Meningkatkan produktivitas SDM dalam manajemen
5. Transfer knowledge dalam hal manajemen, TI, dan Iptek
D. MODUL-MODUL APPLIKASI
A. Main (Master)
A.1 Data Dokter
Tambah Dokter
Tampilkan Data Dokter
Cari Data Dokter
A.2 Penunjang Medis
Tambah Data Layanan Medis
Tampilkan Data Layanan Medis
Cari Data Layanan Medis
A.3 Poliklinik
Tambah Data Layanan Poli
Tampilkan Data Layanan Poli
Cari Data Layanan Poli
A.4 Laboratorium
Tambah Data Layanan Lab
Tampilkan Data Layanan Lab
Cari Data Layanan Lab
A.5 Tindakan
Tambah Data Tindakan
Tampilkan Data Tindakan
Cari Data Tindakan
A.6 Biaya Administrasi
Administrasi Pasien Lama
Administrasi Pasien Baru
A.7 Backup Database
A.8 Log Off
A.9 Keluar
B. Pasien
B.1 Rawat Jalan
B.1.1 Pasien Rawat Jalan
Tambah Data Pasien
Tampilkan Data pasien
Pendaftaran pasien
B.1.2 Pertemuan Dokter
Tambah Daftar Pertemuan
Batalkan Pendaftaran
Cari Data Pendaftaran
B.1.3 Poliklinik
Pendaftaran Poli
Batalkan Pendaftaran
Penggunaan Obat & Alat
B.1.4 Penunjang Medis
Batalkan Pendaftaran
Cari Data Pendaftaran
B.1.5 Laboratorium
Tambah Pendaftaran Lab
Cari Data pendaftaran
Input Hasil Lab
Tampilkan hasil lab
B.1.6 Tindakan
Input Data Tindakan
Cari Data Tindakan
B.1.7 Resep
Input Data Resep
History Resep pasien
B.1.8 Tagihan
Tagihan / Pembayaran Poliklinik
Tagihan / Pembayaran Lab
Tagihan / Pembayaran Penunjang Medis
B.2 Rawat Inap
B.2.1 Rujukan
Daftar Pasien
Tambah Data Pasien
Tambah Data Penjamin
Tampilkan Daftar Rujukan
B.2.2 Perawatan
Tambah Data Kunjungan Dokter
Tambah Data penggunaan Obat & Alat
Tambah Data Layanan Penunjang Medis
Tambah Data Laboratorium
Tampilkan Semua Layanan
B.2.3 Pasien Keluar
Data Pasien Keluar
Daftar Pasien Keluar
B.2.4 Pembayaran Tagihan
Tampilkan Data Tagihan
Ubah Tagihan
Pembayaran Tagihan
B.3 Installasi Gawat Darurat
B.3.1 Data Pasien
Tambah Data Pasien
Tampilkan Data Pasien
B.3.2 Pendaftaran IGD
B.3.3 Tindakan – Tindakan
B.3.4 Penggunaan Material & Obat
B.3.5 Tagihan IGD
B.4 Installasi Bedah (OK)
B.4.1 Data Pasien
Tambah Data Pasien
Tampilkan Data Pasien
B.4.2 Pendaftaran Bedah
B.4.3 Tindakan – Tindakan
B.4.4 Penggunaan Material & Obat
B.4.5 Tagihan Bedah
B.5 Rekam Medis
Riwayat Klinik Pasien
Resume Data Pasien
Ringkasan Masuk / Keluar Pasien
Terintegrasi Dengan unit Terkait
Dapat diakses oleh user/unit yang membutuhkan
B.6 Unit Gizi
Tambah Menu Gizi
Tambah Tarif Gizi
Tampilkan Data Gizi
Laporan Penggunaan Gizi Rawat Inap
C. Management
C.1 Management Rumah Sakit
C.1.1 Management Dokter
Jadwal Dokter
Tampilkan Jadwal Dokter
C.1.2 Management Layanan
Jadwal layanan Poli
Jadwal layanan Medis
Jadwal Layanan Lab
C.1.3 Management Kelas
Tambah Tipe Kelas
Tampilkan Kelas
C.1.4 Management Kamar
Tambah Tipe Kamar
Tampilkan Kamar
C.1.5 Management Tempat Tidur
Tambah Data Tempat Tidur
Tampilkan Data Tempat Tidur
Tempat Tidur Yang Tersedia
C.1.6 Management Ruangan
Tambah Data Ruangan
Tampilkan Data Ruangan
C.1.7 Management Asuransi
Tambah Data Asuransi
Tampilkan Cover Unit
Pembayaran Billing Dengan Asuransi
Tampilkan Data Asuransi
Laporan Rekap Asuransi
Laporan Piutang Asuransi
C.2 Management Apotik
C.2.1 Penjualan
Billing Penjualan
Data Customer
C.2.2 Pembelian
Tagihan pembelian
Produk & Stock Obat
Kategori Obat
Data Supplier
C.2.4 Obat Resep Racikan
C.2.4 Pemesanan Obat Ke Gudang
C.2.5 Tampilkan Menu
C.3 Management Pendapatan Dokter
Kalkulasi Gaji & Pendapat Dokter
Cetak Gaji & Pendapatan Dokter
Show Menu
C.4 Inventory (Stock)
Stock Barang, Obat & Alat
Stock Obat Per Unit
Stock Opname
Pembelian Obat
Pemesanan Obat
Laporan Stock In & Stock Obat
D. Finance & Accounting
1. Fasilitas akuntansi
o Pembuatan standarisasi kode akun (Chart of Account)
o Manajemen aktiva tetap (fixed asset)
o Manajemen pembelian, penjualan, retur
o Monitoring piutang usaha dan pembuatan tagihan
o 2Monitoring hutang usaha dan pembayaran berkala
o Monitoring arus kas (Cash flow)
o Pembuatan anggaran berdasarkan kode akun
2. Penyediaan laporan keuangan
o Neraca
o Laporan laba/rugi
o Arus kas (Cash flow)
3. Laporan dan analisa
E. Laporan
E.1 Management Laporan
E.1.1 Laporan Pasien
Laporan Pendaftaran Lab
Laporan pendaftaran Penunjang Medis
Laporan Pendaftaran Poli
Laporan Pendaftaran IGD
Laporan Pemakaian Obat Rawat Jalan
Laporan Pemakaian Obat Rawat Inap
Laporan Penunjang Medis Rawat Inap
Laporan LayananLab Rawat Inap
Laporan Kunjungan Dokter Rawat Inap
E.1.2 Laporan Kelas & Ruangan
Laporan Data Kelas
Laporan Data Ruangan
Laporan Data Kamar & Tempat Tidur
Laporan Tempat Tidur Yang Tersedia
E.1.3 Laporan Apotik
Laporan Penjualan
Laporan Pembelian
Laporan Stock
Laporan Data Customer
Laporan Data & Pembayaran Hutang
Laporan Data & pembayaran Piutang
E.1.4 Laporan Management Dokter
Laporan Data Dokter
Laporan Pembayaran gaji Dokter
Laporan Pendapatan Dokter Berdasarkan Persentase
Laporan Data Dokter Tetap
E.1.5 Laporan Lainnya
E.2 Log Report
F. User Management
Ganti Password
Tambah User Login
G. Shift Kerja
Tambah Shift
Edit Shift
H. Buku Panduan
E. TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN DALAM APLIKASI
OPERATING SYSTEM:
Linux RedHat 9.0
DATABASE:
MySql (Database)
PHPMyAdmin (Database Tools)
DEVELOPMENT TOOLS:
PHP
Javascript
HTML
F. SPESIFIKASI HARDWARE
INTEL PENTIUM IV 2,6 GHz or higher CPU speed (Server)
INTEL PENTIUM III 900 MHZ or higher CPU speed (Client)
512 MB RAM for server & 128 MB RAM for client, Min 1000 MB disk space
Microsoft Internet Explorer 4.0 or above for INTERNET or INTRANET connectivity (optional)
Printer Dot Matrix or Laser Jet
G.FUNGSI APLIKASI
* Terhadap Tingkatan Manajemen
Pada organisasi RS dan organisasi bisnis lain pada umumnya, terdapat tiga (3) tingkatan Manajer, yaitu:
1) Top Manajer atau Direksi, yang membuat keputusan strategis dan mencari resources yang diperlukan organisasi untuk berkembang,
Contoh : * Dapat membuat laporan keuangan
* Perencanaan dan evaluasi program
2) Middle Manager, atau Manajer Fungsional yang mengoperasikan dan menjalankan roda organisasi,
Contoh : * Penelitian klinis
* Pengendalian mutu pelayanan
3) Lower Manager atau Supervisor yang mengkordinasikan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Komponen organisasi yang terpenting adalah Manajer Fungsional karena merekalah sebenarnya yang memegang dan mengoperasionalkan ASSET organisasi.
- Pengendalian mutu dan penilaian produktivitas
- Penyederhanaan pelayanan
- Analisis manfaat dan perkiraan kebutuhan
- Pendidikan
H. MANFAAT dan HAMBATAN
1. MANFAAT
Manfaat yang bisa diharapkan dari adanya system informasi adalah:
1. Meningkatnya tingkat kepuasan para pasien karena adanya berbagai fasilitas dan kemudahan yang mereka dapatkan mulai dari Pendaftaran sampai Pembayaran di kasir.
2. Cepatnya proses pengolahan dan tingginya akurasi dalam perhitungan data-data karena semua proses dan perhitungan dilakukan secara terintegrasi dan otomatis.
3. Akan meningkatkan kualitas para tenaga medis di rumah sakit karena kemampuan mereka di dalam menyiapkan dan memberikan layanan kesehatan akan benar-benar diuji.
4. Tingginya kualitas layanan para karyawan rumah sakit karena mereka akan dituntut untuk bisa memberikan layanan dan informasi yang sifatnya Real Time.
5. Meningkatnya citra Rumah Sakit sebagai The Leading Hospital di dalam memberikan Quality Health Services
2.HAMBATAN
Beberapa hambatan-hambatan yang sering dialami oleh pihak Rumah Sakit yang disebabkan oleh system informasi yang belum dikelola dengan baik antara lain ;
1.Pencatatan yang berulang yang menyebabkan penduplikasian data,
2. Data yang belum terintegrasi atau masih tersebar,
3. Pencatatan data masih dilakukan secara manual sehingga banyak terdapat kesalahan dan informasi terlambat disebarkan.
Oleh karena system informasi manajemen untuk Rumah Sakit sangat perlu dilakukan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dapat menyajikan laporan akurat sehingga dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan keputusan oleh pihak manajemen.
I. Konsep Bisnis Proses Aplikasi
J. Topologi Sistem
K. SCREENSHOT APPLIKASI
KESIMPULAN
1. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sangat dibutuhkan agar Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanannya baik ke pihak masyarakat umum maupun pihak manajemen.
2. Dengan adanya SIMRS, proses bisnis dalam Rumah Sakit dapat tepat waktu dan efektif terutama dalam proses pengambilan keputusan.
3. Kelas dan status Rumah Sakit akan mempengaruhi kebutuhan dalam pemilihan system informasi yang akan digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
♦ http://irwandykapalawi.wordpress.com/2009/04/16/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit/
♦http://www.icfhm.com/?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=17
♦http://novarin.blog.upi.edu/2009/06/07/5/
♦
♦http://fiastri-k.blogspot.com/2009/01/sistem-informasi-manajemen-rumah-sakit.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar